SISTEM PERADILAN PIDANA. Suatu Pengantar

Dikarenakan sesuatu dan lain hal, Kata Pengantar ini tidak dapat dimunculkan pada buku versi cetak, sehingga Penulis berinisiatif untuk memuatnya di dalam blog ini, sehingga antara buku seri 1 dan seri berikutnya tidak terputus maksud dan tujuan yang ingin Penulis sampaikan dari keseluruhan 15 seri SPP ini.

KATA PENGANTAR PENULIS

Cover Dpn Buku SPP 1002Assalammu’alaikum Wr Wb,

Alhamdulillah, Penulis panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan ni’mat sehat dan ni’mat iman, sehingga Penulis dapat menyelesaikan penulisan Seri I dari Buku Seri Sistem Peradilan Pidana, dengan judul: “SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA. SUATU PENGANTAR”.Cover Blkg Buku SPP 1003

Banyak aspek yang mengilhami Penulis untuk melakukan penulisan buku ini yang sengaja dibuat berseri, hanya dengan tujuan mempermudah mahasiswa/i di Fakultas Hukum untuk memahami Sistem Peradilan Pidana Indonesia secara komprehensif dan mendalam. Bukalah tidak mungkin untuk menjadikannya hanya satu buku saja, namun akan menjadi sangat tebal dan tidak akan menarik minat membaca dari mahasiswa/i Fakultas Hukum.

Secara keseluruhan, Buku Seri Sistem Peradilan Pidana ini akan digarap hingga 15 (lima belas) seri, dimana kesemuanyanya sebenarnya merupakan deskripsi dari seluruh komponen dan sub komponen dari suatu sistem, khususnya peradilan pidana, berkaitan mengenai korelasi dan interaksinya. Sehingga, menggambarkan apa yang terjadi pada kondisi saat ini, dan bagaimana idealnya suatu Sistem Peradilan Pidana bergerak menuju tujuan hukum dan tujuan bernegara.

Adapun judul dan seri tersebut Penulis membaginya sebagai berikut:

Buku 1 Sistem Peradilan Pidana Di Indonesia: Suatu Pengantar
Buku 2

Grand Design Politik Hukum Pidana dan Sistem Hukum Pidana di Indonesia

Buku 3

Kriminalisasi, Dekriminalisasi dan Overkriminalisasi Dalam Sistem Peradilan Pidana di Indonesia. Mengusung Teori Musyawarah Mufakat Sebagai Filasafat Pemidanaan.

Buku 4

Kekuasaan Kehakiman Dalam Sistem Peradilan Pidana. Studi Terhadap Kekuasaan Yudikatif Dalam Sistem Peradilan Pidana

Buku 5

Reformasi Birokrasi Institusi Penegak Hukum Dalam Kerangka Integrated Criminal Justice System (ICJS)

Buku 6

Kontrakdiksi Eksistensi Advokat: Institusi Penegak Hukum atau Individual?

Buku 7 Sistem Pemasyarakatan: Rekonstruksi Pola dan Pedoman Pemidanaan
Buku 8 Hakim Pengawas dan Pengamat (KIMWASMAT): Hakim ‘Wasit’ Garis Yang Terabaikan
Buku 9 Euforia Lembaga Ekstra Struktural. Suatu Anomali Fungsi
Buku 10 Masyarakat Dan Budaya Hukum. Suatu Kajian Viktimologi dan Kriminologi
Buku 11 Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Sebagai Unsur Pendukung Dalam Sistem Peradilan Pidana
Buku 12 Membangun Jembatan Antara the living law dan ius contituendum
Buku 13 Upaya Penerapan Norma Agama Sebagai Salah Satu Alasan Pemidanaan
Buku 14 Pengantar Ilmu Hukum Pidana. Rekonstruksi Hukum Pidana Sebagai Bagian Dari Hukum Publik
Buku 15 Beberapa Keistimewaan R-KUHAP dan R-KUHP: Pro dan Kontra

Buku Seri I ini hanya merupakan potret atau gambaran menyeluruh mengenai Sistem Peradilan Pidana, baik yang pernah ada maupun yang ada saat ini. Gambaran menyeluruh atas suatu Sistem Peradilan Pidana ini, Penulis mencoba untuk mengupas hingga kepada pengetahuan mengenai siapa dan/atau apa komponen dan sub komponen yang terlibat di dalamnya. Namun demikian, Penulis pula tidak hanya sekedar mendekripsikan semata, Penulis pula mengajukan suatu bentuk baru terkait permasalahan koordinasi fungsional antara komponen dan sub komponen dalam mencapai tujuan hukum dan tujuan negara.

Di dalam mengkaji Sistem Peradilan Pidana tersebut, menurut pandangan Penulis, tidak mungkin hanya menggunakan Hukum Pidana semata. Hal tersebut dikarenakan, berbicara suatu sistem, maka kajiannya lebih mengarahkan kita ke dalam pembahasan Hukum Administrasi Negara dan Hukum Tata Negara. Sehingga untuk mempertajam, secara keseluruhan buku seri ini, Penulis pula menggunakan kajian kefilsafatan Ilmu Hukum serta Ilmu-Ilmu bantu lainnya, seperti Kriminologi, Viktimologi, Sosiologi Hukum, serta Antropologi Hukum. Inilah salah satu alasan pula mengapa kajian ini Penulis membagi menjadi beberapa seri, agar lebih mudah dipahami.

Semoga apa yang telah dan akan Penulis tuangkan baik dalam Buku Seri I ini maupun dalam buku-buku berikutnya dapat memberikan pencerahan terhadap bagi siapapun yang membacanya, khususnya Mahasiswa/I Fakultas Hukum.

Jakarta, Maret 2015

Rocky Marbun, S.H., M.H.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s